INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT



INDIVIDU
Individu adalah satu kesatuan yang kecil dan terbatas. Yang berarti manusia perseorangan. individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Setiap individu pasti memiliki ciri yang berbeda-beda. Apabila ada individu yang memiliki kesamaan maka mereka akan membuat suatu kelompok yang disebut masyarakat. Individu tersebut akan memiliki karakteristik yang sama dengan kelompoknya. Banyak perbedaan yang di miliki oleh setiap individu, seperti perbedaan fisik, cara berfikir dan pergaulannya. Setiap individu pasti mengalami pertumbuhan yang dalam arti berubah menjadi dewasa. Pertumbuhan setiap individu bisa disebabkan ooleh lingkungan sekitarnya, daerah bergaulnya, dan bisa juga di sebabkan oleh orang-orang yang berada di sekelilingnya. Yang mana itu semua dapat menyebabkan setiap individu berubah menjadi dewasa baik dalam sikap dan perilakunya.
KELUARGA

Keluarga adalah sekumpulan kecil dari individu yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak, yang merupakan suatu komponen kecil dari masyarakat. Dalam keluarga, setiap tugas-tugas dan pekerjaan di dalam rumah harus diselesaikan sendiri oleh anggota keluarga tersebut. Keuarga dapat membina kehidupan anak-anaknya menjadi lebih terarah. Seperti orang tua yang mendidik anak-anaknya memperbaiki sifat-sifatnya dan untuk belajar demi masa depannya.
 Dalam keluarga memiliki sikap saling peduli dan saling mencukupi satu sama lain.Dimana, orang tua yang membantu mengajarkan anak-anaknya pada saat proses belajar mengajar di rumah, dan kebalikannya seorang anak yang membantu orang tuanya dalam mengerjakan tugas-tugas di rumah. Dalam keluarga terdapat satu individu yang memimpin individu lainnya, seperti seorang ayah yang memimpin anak dan istrinya dalam membina rumah tangga. Maka itulah terjadi komunikasi yang sangat harmonis pada setiap individu di dalam sebuah keluarga

MASYARAKAT

                Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang hidup bersama. Ini lebih besar daripada keluarga dan masyarakat ini bisa disebut juga kumpulan dari banyak keluarga. Dalam suatu masyarakat ini biasanya banyak ter dapat peraturan-peraturan dan norma-norma yang harus di sepakati oleh setiap individu yang terdapat dalam masyarakat itu sendiri agar kehidupannya menjadi lebih maju. Biasanya masyarakat yang menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku di daerahnya akan memiliki cirri kehidupan yang khas. Dalam masyarakat ini, segala jenis karakteristik individu terkumpul menjadi satu kesatuan yang bisa saling bahu membahu untuk menata kehidupan mereka menjadi lebih baik.




Penulis : Bagus Bayu Baskara ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT ini dipublish oleh Bagus Bayu Baskara pada hari Jumat, 05 November 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT
 

0 komentar:

Posting Komentar