PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT

PELAPISAN SOSIAL

Pelapisan sosial adalah stratifikasi yang berarti lapisan. Pelapisan masyarakat adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas yang tersusun secara bertingkat. Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ad juga lapisan-lapisan dibawahnya. Setiap lapisan tersebut disebut juga strata social.kriteria yang menonjol sebagai dasar pembentukan pelapisan social adalah sebagai berikut :
1. Ukuran kekayaan.
2. Ukuran kehormatan,dan
3. Ukuran pengetahuan


KESAMAAN DERAJAT

Sifat perhubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat pada umumnya adalah timbal balik, artinya orang seorang itu sebagai anggota masyarakatnya, mempunyai hsk dsn kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan Negara. Kesetaraan derajat mencakup hak yang sama di bawah hokum, merasakan keamanan, memperolehkan hak suara, mempunyai kebebasan untuk berbicara dan berkumpul, dan sejauh mana hak tersebut tidak merupakan hak-hak yang bersifat personal.

Penulis : Bagus Bayu Baskara ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT ini dipublish oleh Bagus Bayu Baskara pada hari Jumat, 05 November 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT
 

0 komentar:

Posting Komentar